Jokowi kunjungi MRT
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya (kiri), dan Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (kanan) meninjau perkembangan proyek MRT di Jakarta, Kamis (23/2). Intan/Biro Pers Setpres

Minat Sinar Mas Land memperpanjang rute Mass Rapid Transit (MRT) hingga Cisauk direspons oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kementerian Perhubungan akan membuat rencana induk untuk proyek MRT sebelum mengkomunikasikannya dengan Pemerintah Provinsi Banten.

Sinar Mas telah mengungkapkan sedang menjajaki proyek MRT hingga Cisauk, Kabupaten Tangerang. Terkait minat ini, Budi belum mau berkomentar banyak. "Nanti kami buat masterplan-nya dulu," kata Budi di Jakarta, Rabu (14/2).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

CEO Strategic Development & Service Sinar Mas Land Ishak Chandra mengatakan proses pembicaraan dengan PT MRT masih panjang. Karena itulah, pihaknya belum bisa menjelaskan lebih jauh mengenai rencana ini. "Memang sedang dalam pembicaraan dan kami jajaki, tapi kami tidak bisa berbicara (lebih jauh) lagi," kata dia kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSD) Hermawan Wijaya mengaku tertarik dengan konsep pengembangan properti di kawasan MRT ini. Namun, konsep ini masih jauh lantaran MRT sendiri baru akan membangun sejumlah rute selama beberapa tahun ke depan.

(Baca: Pemerintah Beri Persyaratan Bila Jepang Bangun MRT Timur-Barat Jakarta)

Tahap pertama rencananya akan beroperasi tahun 2019. Sedangkan pengembangan Utara hingga Selatan baru akan rampung seluruhnya tahun depan. Setelah itu baru rute Barat ke Timur yang akan dibangun terlebih dahulu. "Jadi coba ditanyakan ke Pak William Sabandar (Dirut MRT) saja," kata Hermawan.

Beberapa waktu lalu William mengatakan MRT Jakarta saat ini sedang berbicara dengan sejumlah investor untuk memperpanjang rute MRT dari Jakarta hingga ke Rawa Buntu. Salah satu investor yang dianggap mampu diajak bekerja sama adalah Sinar Mas Land, yang ingin memperpanjang hingga Cisauk.

Namun William mengakui hingga saat ini belum mendapat restu Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel). Sebenarnya Pemkot Tangsel sudah menyatakan keinginannya memperpanjang rute MRT ini hingga Rawa Buntu, tapi tidak sampai Cisauk.

Artikel Terkait
Sekitar 61% pengguna Tol JORR bisa membayar tarif jauh lebih murah, 38% membayar lebih mahal, dan 1 persen lainnya membayar dengan tarif yang sama
"Soal kelebihan muatan, kami tidak bisa simpulkan langsung, tapi potensi kelebihan ada,” kata Budi
“Cuma akan dilihat lagi ketersediaan kapalnya. Keluhan dari pemudik itu adalah sosialisasinya belum maksimal,” ujar Budi